Saya sempat bingung, kenapa blog saya tidak ada yang membahas geofisika? Padahal saya mahasiswa teknik geofisika. Ditambah lagi dengan “sentilan” beberapa orang sore tadi karena masalah yang sama, kenapa saya tidak tertarik menulis tentang kelimuan saya? Bukan tidak tertarik sebenarnya, namun belum terpikir saja. Ok, berikut saya berikan gambaran sekilas tentang geofisika ITB dan geofisika secara umum.


Teknik Geofisika ITB adalah satu dari 4 jurusan di Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan. Mata kuliah yang dipelajari disini meliputi matematika, fisika, geologi, dan geofisika itu sendiri. Ada 3 subjurusan di teknik geofisika, yaitu geofisika eksplorasi migas, geofisika eksplorasi pertambangan, dan geofisika seismologi. Prospek kerja lulusan geofisika bermacam-macam, bisa di oil atau service company seperti Pertamina, Chevron, Total, atau bisa di instansi pemerintah seperti BMG dan LIPI.

 

Teknik geofisika bukanlah sebuah jurusan yang familiar, sangat jarang siswa SMA yang sejak awal meniatkan untuk masuk kesini, termasuk saya sendiri. Padahal lulusan geofisika banyak dibutuhkan di service company, ditambah lagi dengan kenyataan kalau masih jarang univesitas di Indonesia yang membuka jurusan ini.

Sebagai suatu disiplin ilmu terapan, teknik geofisika memiliki beberapa komunitas agar ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru dapat terus dikembangkan. Beberapa komunitas yang dimaksud adalah:

HIMA-TG TERRA ITB

Merupakan himpunan mahasiswa Teknik Geofisika ITB, TERRA berdiri pada 13 Juli 1998. Merupakan organisasi keprofesian yang menaungi segala macam kebutuhan mahasiswa teknik geofisika di internal kampus ITB.

 

HMGI

Himpunan Mahasiswa Geofisika Indonesia merupakan suatu organisasi keprofesian yang mengakomodir seluruh mahasiswa dan mahasiswa teknik geofisika di Indonesia. Kepengurusannya selalu berganti tiap tahun, dengan dipegang oleh anggota himpunan mahasiswa geofisika di sejulah perguruan tinggi.


HAGI

Himpunan Ahli Geofisika Indonesia merupakan organisasi profesional bagi ahli geofisika Indonesia. Organisasi ini selalu mengadakan konferensi dan kompetisi geofisika tingkat nasional. Selain itu seminar dan short course yang menjadi agenda rutin, sejumlah paper dan jurnal ilmiah beredar di organisasi ini.

 

SEG

Society of Exploration Geophysics merupakan organisasi internasional para ahli di bidang eksplorasi geofisika. Mempunyai agenda tahunan seperti guest lecture dan short course.

 

Sekian dulu perkenalan geofisika,mungkin di lain kesempatan saya akan membahas tentang metode geofisika yang merupakan senjata kami dalam mengobrak-abrik perut bumi. Senjata yang membuat kami rela kuliah 4 tahun untuk mempelajarinya.

About these ads