Pada salah satu kisah, Umar bin Khattab pernah berujar, “Seandainya seekor keledai terperosok di kota Baghdad karena jalannya rusak, aku sangat khawatir karena pasti akan ditanya oleh Allah SWT, mengapa kamu tidak meratakan jalan untuknya?”

Umar mengucapkan kalimat itu pada saat dirinya menjadi khalifah. Umar bin Khattab yang berperawakan tinggi besar, badan tegap dengan otot-otot yang menonjol dari kaki dan tangannya itu ternyata begitu memikirkan arti sebuah amanah. Umar bin Khattab yang pernah akan membunuh Rasulullah SAW itu ternyata bukanlah apa-apa jika dihadapkan dengan pertanggungjawaban terhadap Allah SWT.

Kisah di atas menggambarkan betapa sulitnya memegang amanah di dunia karena pasti akan dipertanggungjawabkan di akhirat nantinya. Pada saat ini, pada beberapa kasus, pertanggungjawaban amanah harus melalui “pertanggungjawaban dunia” dulu sebelum di akhirat kelak. Contoh gampangnya adalah laporan pertanggungjawaban di himpunan atau akrab didengar sebagai LPJ.

Ada salah seorang kawan yang berpendapat kalau LPJ adalah contoh budaya himpunan yang salah karena terkesan mencari kesalahan. Menurut saya, LPJ tidak ada salahnya, asalkan pertanyaan yang diajukan memang berada pada jalurnya. Terkadang emosi antar anggota sedikit terlepas karena beberapa masalah yang tidak transparan, seperti masalah keuangan. Itulah yang menurut saya membuat LPJ menjadi hal yang negatif bagi sebagian orang.

Amanah emang berat boy, bagaimana kalau salah satu keputusan si pemegang amanah merugikan beberapa orang tanpa sepengetahuannya? Bagaimana caranya agar dia bisa meminta maaf kepada orang yang bersangkutan? Bagaimana dia akan menjawab nanti di hadapan Allah? Maka dari itu, pertanggungjawaban di depan manusia juga penting untuk ini. Sekali lagi, asal dilakukan dengan cara yang benar dengan pertanyaan yang tidak keluar jalur.

Kebijaksanaan dan keadilan Umar bin Khattab dilandasi oleh kekhawatirannya terhadap rasa tanggung jawabnya kepada Allah SWT. Beliaulah yang lebih dahulu lapar dan yang paling terakhir kenyang, beliau berjanji tidak akan makan minyak samin dan daging hingga seluruh kaum muslimin kenyang memakannya…

Tulisan ini saya buat untuk kawan-kawan BPH dan BPA yang akan menjalani LPJ tengah tahun besok Sabtu. Good luck buat kalian, semoga LPJ nantinya akan membawa manfaat bagi TERRA-TERRA yang lain. Apapun yang massa TERRA tanyakan, itu bukan untuk mencari kesalahan, namun (semoga) untuk kebaikan himpunan kita juga untuk kedepannya.