Beberapa hari lalu saya menemukan sebuah situs menarik, yaitu GoodReads. Ini adalah situs yang ditujukan kepada pecinta buku yang tertarik untuk menulis ulasan sebuah buku dan membaginya kepada orang lain.

Situs GoodReads dibuat pada Desember 2006, resmi dirilis pada 30 Januari 2007 oleh Otis Chandler dan Elizabeth Khuri. Otis adalah pemilik perusahaan penerbitan di Amerika Serikat yang juga menerbitkan Los Angeles Times. Sama seperti situs jejaring sosial lain, GoodReads memiliki konten friend, group, dan discussion. Saat memilih buku, pengguna bisa mengategorikannya sebagai read (telah dibaca), currently reading (sedang membaca), dan to read (akan dibaca). Jangan takut jika tidak akan menemukan buku yang dimaksud karena GoodReads memiliki daftar koleksi buku mencapai 110 juta buku sampai pada tahun 2009. Setelah memilih buku, pengguna bisa memilih rating, menulis review, dan merekomendasikannya kepada orang lain. Selain itu pengguna bisa berdiskusi dan mendapat informasi tentang buku dari friends.

GoodReads Indonesia dibentuk tanggal 7 Juni 2007 oleh Femmy Syahrini. Sampai sekarang, group GoodReads Indonesia mempunyai 4367 anggota dari Indonesia dengan koleksi sebanyak 3664 buku sampai Oktober 2009. Visi dan misi GoodReads Indonesia adalah berusaha untuk selalu berperan aktif dalam dunia perbukuan di Indonesia. GoodReads Indonesia tidak mau berhenti hanya pada tahapan sebagai komunitas pembaca pasif. Komunitas ini berkehendak untuk menjadi komunitas pembaca aktif yang diwujudkan dalam berbagai kegiatan baik kegiatan di dunia maya maupun di dunia nyata. Tertarik?

Sebagai gambaran saja, silakan melihat profil GoodReads saya disini. See you at GoodReads!!