“Jika saja pertandingan masih ada lima menit lagi, maka kami yang akan memetik kemenangan. Itu tidak perlu diragukan lagi” – Sir Alex Ferguson, pelatih Manchester United

Pada pertandingan Liga Inggris terakhir, Aston Villa berbagi skor dengan tamunya MU. Berkaca dari skor, jelas sebuah kerugian bagi MU karena sedang butuh poin untuk mencungkil Chelsea dari puncak klasemen, ditambah lagi Arsenal menang kemarin malam. Alhasil MU menghuni peringkat ke-3 tertinggal 3 poin dari Chelsea.

Tapi bukan itu yang akan saya bahas.

Tapi soal mental the Red Devils. Pada pertandingan itu, MU tertinggal 2 gol terlebih dahulu. Gol tercipta pada menit ke-72 dan ke-76. Bisa dibayangkan betapa beratnya tertinggal lebih dari 1 gol sampai menit segitu dari 90 menit pertandingan. Keputusan Sir Alex terbukti tepat, meskipun saya ragukan pada awalnya. Dia memasukkan Macheda dan Obertan untuk menggantikan Berbatov dan Hernandez saat tertinggal 1 gol. Benar saja, pada menit ke-81 Macheda berhasil mencetak gol lewat tendangan kaki kanan keras. Pasukan MU pun semakin gencar mencari gol ke 2. Dan gol itu datang juga dari sang kapten Nemanja Vidic pada menit ke-85 melalui tandukan terarahnya.

Ini bukanlah pertandingan pertama atau kedua dari MU dimana tercipta gol telat. Ditambah dengan gol Berbatov saat menang 3-2 atas Liverpool, gol Hernandez saat menang 2-1 atas Stoke City, gol Park Ji Sung saat menang 2-1 atas Wolves, berarti sudah 4 kali pada musim ini MU mencetak gol-gol pada menit 80an. Padahal musim ini baru berjalan 13 pertandingan. Jika ditambah dengan hasil Liga Champions yaitu gol pada menit ke-85 dari Hernandez saat menang di kandang Valencia, semakin lengkaplah fakta itu.

Itulah yang saya sebut dengan mental juara. Mental yang pernah MU tunjukkan saat final Liga Champions 1999/2000 saat menang 2-1 atas Bayern Munich. Dan itulah alasan kenapa saya begitu menyukai sepakbola. Disini bukan hanya teknik yang berbicara, namun juga taktik, faktor psikologi, dan keberuntungan yang ikut menentukan hasil pertandingan.


bagi yang belum melihat gol-gol pada pertandingan Aston Villa vs MU, silahkan klik disini