Biasanya ulang tahun dirayakan dengan suka cita karena itu menandakan kekuatan seseorang dalam menjalani kehidupan, semakin tua akan semakin kuat. Ulang tahun juga dimaknai sebagai rasa syukur karena tidak semua orang memiliki umur sepanjang si pemilik ulang tahun. Beberapa orang lain yang kurang kerjaan memaknai ulang tahun dengan refleksi setahun terakhir, apa yang sudah diberikan si pemilik ulang tahun kepada orang lain. Seperti apa yang berusaha saya lakukan sekarang.

Awal mula nama kami adalah Teknik Geofisika 2008. Kebiasaan kami menyingkat nama, sampai nama mata kuliah pun, membuatnya menjadi TG08. Awal mulanya kami hanyalah sekelompok orang yang kebetulan saja bertemu di tempat yang sama, mengambil mata kuliah yang sama, dan makan di kantin yang sama. Namun setelah sedikit dipaksa menjalani “ritual khusus”, kami sadar bahwa kami lebih dari itu. Kami sadar bahwa kami lebih dari sekedar teman yang saling menyapa saat bertemu, atau sekedar teman bermain yang memiliki hobi sama, kami lebih dari itu. Hubungan kami sedekat, katakanlah, keluarga. Dan nama kami berubah menjadi TERRA 2008.

TERRA 2008 adalah kakak bagi saya. Saya sering berlari ke orang lain saat sedang ada masalah. Jika tidak cukup dengan keluarga, saya mencari beberapa dari mereka untuk dimintai saran. Mereka seperti kakak yang siap memberikan berbagai jawaban solutif bagi saya, karena variatifnya ide yang mereka berikan. Mereka bersedia membimbing saya untuk melangkah di jalan terbaik, bukan di jalan termulus, tapi jalan yang paling dibutuhkan.

TERRA 2008 adalah guru bagi saya. Mereka mengajarkan tentang ajaran hidup meskipun mereka tidak sadar sedang melakukannya. Mereka memberi tahu saya bagaimana menghadapi kemajemukan, karena banyaknya pilihan karakter manusia yang mereka berikan. Mereka memberi tahu saya hidup tidak hanya soal hitam dan putih, karena zona abu-abu pun sebenarnya merupakan sebuah pilihan. Mereka memberi tahu saya betapa membosankannya hidup jika dihabiskan hanya di dalam kamar, karena alam liar ternyata terlalu sayang untuk tidak ditantang.

Lucunya, terkadang mereka masih memposisikan diri sebagai teman, meskipun kita sudah mengikrarkan diri jika lebih dari itu. TERRA 2008 adalah teman bagi saya. Mereka bisa menjadi teman bertanding olahraga, beberapa dari mereka bisa menjadi teman belajar yang siap untuk berbagi dan berdebat, dan beberapa sisanya dapat menjadi partner in crime yang sempurna.

Banyak kenangan yang ada, banyak masa-masa sulit yang menyatukan kami semua. Tidak terasa sekarang kami sudah berusia satu tahun…

Selamat ulang tahun temanku, keluargaku, kakakku, guruku, partner in crime ku, semoga ulang tahun pertama ini menjadikan kita semakin kuat satu angkatan TERRA 2008. Sudah banyak hal yang kita lakukan, namun masih banyak lagi yang bisa kita berikan untuk TERRA. Tahun ini, kita diberikan “hadiah” berupa amanat untuk menjadi jajaran petinggi TERRA, menjadi garda depan dalam menentukan kemana langkah TERRA selanjutnya. Semoga TERRA menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Satu sakit, semua sakit..

Satu senang, semua senang..

Satu untuk semua, semua untuk satu..

Tepat setahun yang lalu kita mengucapkan kata-kata itu kawan…