Tadi barusan ke Nokia Center dan baca brosur menarik isinya tentang ajakan untuk “membuang” ponsel rusak ke Nokia Care Point. Soalnya pihak Nokia menjamin akan mendaur ulang semua ponsel, aksesoris, dan charger bekas dengan penuh tanggung jawab. Mereka mewanti-wanti agar jangan ada ponsel yang berakhir di tempat pembuangan. Langkah baik mengingat tidak semua orang cocok dengan sistem “tukar tambah hape”, mereka merasa punya ikatan emosional yang kuat dengan hape yang lama sehingga hape itupun rusak karena pada akhirnya sibuk menjalin ikatan emosional dengan hape baru. Menyedihkan sekali.

gambar : nokia.com

Setelah googling, ternyata banyak yang saya temukan. Seperti ajakan memakai kardus bekas untuk mengganti plastik yang dilakukan Hero

gambar : akuinginhijau.org

Saat belanja sedikit pun sama saja. Saya sering menolak memakai plastik saat belanja di Indomaret meskipun plastik mereka ramah lingkungan. Banyak yang sering membawa tas belanja saat shopping. Bagi yang suka, ada tas dari Circle K yang bisa dilipat menjadi sebesar kartu ATM.

gambar : greeneration.org

Dan masih banyak lagi hal simple yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan energi. Seperti tidak membakar botol plastik, menulis bolak-balik di kertas, mengeprint memakai kertas bekas, mematikan lampu saat siang hari, mencabut charger laptop saat baterai penuh, berjalan kaki kalau tidak jauh, mengganti motor dengan sepeda atau angkutan umum, kurangi pemakaian tisu, membawa botol minum Tupperware daripada membeli botol plastik, dan masih banyak lagi.

gambar : mengbumen.wordpress.com

OK, let’s save the earth!!