Harus diakui saya termasuk orang yang mudah stress. Kalian pasti sudah tahu jika membaca post saya sebelumnya, yang menyatakan hal ini juga. Manusia lebih sering fokus mencari kelemahan orang lain, dan parahnya saya melakukannya pada diri sendiri.

Banyak hal yang ingin saya lakukan saat stress. Sialnya, pantai tidak ada diantara gedung-gedung bertingkat di Bandung, dan juga butuh usaha lebih menembus macetnya Jalan Riau untuk sepotong cizz cake, untungnya masih ada obat stress yang bisa saya lakukan dimanapun kapanpun. Yaitu jalan kaki.

Kalau diingat-ingat, sering saya berdiskusi sambil jalan kaki. Itu jauh lebih menyenangkan dibandingkan hanya duduk berdua, berhadap-hadapan, lalu berdebat. Sayang sekali pantai jauh dari sini, padahal suara ombak adalah yang terbaik sebagai penenang.

Bapak pernah berpesan pada saya untuk keluar mencari bubur kacang ijo jika sedang suntuk belajar. “Jangan lupa ditambah susu” adalah kata beliau yang selalu saya ingat. Saya pernah mencobanya beberapa kali, dan ya, suntuk saya sebenarnya sudah sedikit berkurang saat berjalan kaki keluar. Mungkin jalan kaki bisa juga menjadi alternatif obat stress kalian. Apalagi saat malam hari.

Seperti kemarin malam, rasanya saya ingin berjalan kaki sejauh mungkin.