OK, masalah memang harus dipikirkan resikonya. Namun kalau terlalu banyak berpikir, kapan kita menjadi orang yang berani?

Tidak ada pemikiran sederhana dalam mengambil keputusan yang dapat menjadi batu loncatan untuk menjadi orang yang lebih baik.

Saya tidak akan menerima tangga yang ditawarkan jika saya tidak mampu memakainya. Lebih baik saya membuat tangga saya sendiri untuk menggapai lantai atas.

Jangan pernah berpikir untuk menerima sesuatu karena merasa didukung banyak orang. Terimalah karena memang mampu melakukannya. Saham terbesar adalah diri sendiri, bukan semangat dari orang lain.

Berpikirlah untuk menerima ini karena ingin merubah dirimu. Bukan untuk merubah yang lain. Karena pada dasarnya kamu menerima ini untuk menjadi orang yang lebih baik.

Pikirkan juga sisi negatifnya, jangan cuma euforia karena banyak dukungan. Sekian bulan bukan waktu yang singkat.

##

Susunan kata yang tergiang-ngiang terus di kepala. Sudah-sudah, biar saya istirahat. Terlalu berat ini kepala.