Finally, INDEPENDENT! edisi special selesai juga dibuat yang menandakan telah tutup juga amanah yang diberikan kepada saya setahun ini. Terimakasih untuk para kontributor Saladin, Amek, Mas Fian, Kak Bilqis, Dyna, Cakra, Candra, dan Jati. Terimakasih untuk para layouter Dias, Meisa, dan Anjai. Terimakasih juga untuk Kak Reni buat foto-fotonya, sedikit surprise ada anak TERRA yang dengan niatnya mengabadikan semua acara IUGC 2011 dengan total file sebesar 7.46 GB.

cover INDEPENDENT! special, layouter by Meisa Azzafira

Ada 2 topik yang dibahas dalam edisi ini, yaitu tentang keprofesian geofisika dan review IUGC 2011. Kalo soal keprofesian, materinya tidak jauh-jauh dari gempa, geothermal, tsunami, dan perkenalan geofisika lainnya. Memang sengaja dibuat tidak terlalu mendalam karena toh cuma perkenalan, anak jurusan lain mau baca aja udah untung haha. Terimakasih buat Saladin yang selalu bisa diandalkan buat masalah ginian, sukses untuk Keprofesian TERRAnya bro.

Topik kedua adalah dari IUGC 2011. Disini direview semua acaranya yang terbagi menjadi 5, yaitu seminar, expo, student competition, workshop, dan closing. Rangkaian acara seperti ini adalah yang pertama kalinya di sejarah geofisika Indonesia, selamat kepada TERRA dan khususnya Ucup yang berhasil mewujudkan mimpi ini. Adalah sebuah tugas berat bagi penerus IUGC selanjutnya melihat kesuksesan acara ini sekarang, baik dari acara maupun financial. Terimakasih sekali lagi untuk para pengisi artikel IUGC 2011, untuk foto-fotonya, dan untuk Ucup yang sudah mau merevisi artikelnya beberapa kali karena satu dan lain hal hehe.

OK, sekian review majalahnya, bagi yang ingin mendownload silakan klik disini.

Yap, sepertinya setelah ini akan sedikit merindukan yang namanya CorelDraw, Photoshop, Riot, Microsoft Word, nulis dan ngedit sampe begadang, SMS dari bos Anjai nanyain soal majalah, SMS ke orang-orang ngingetin soal deadline, bawa laptop ke kampus biar bisa curi waktu buat ngelayout pas kuliah, googling nyari gambar buat background, ketiduran di kosan Dias gara-gara saking capeknya di depan laptop, debat ke orang-orang yang pada komplain konten majalah haha. Dan yang paling bikin kangen, waktu itu sih malah bikin emosi haha, waktu pada nanya,

“Re, kapan INDEPENDENT! keluar?” atau “Masih kurang berapa edisi lagi Re?”

Akhir kata, terimakasih TERRA untuk pengalamannya, terimakasih Anjai buat kepercayaannya. Senang sekali bisa berkontribusi buat TERRA, bisa kenal orang banyak, bisa megang media cetak, dan bisa masang foto di halaman depan hahaha.