Yap, satu novel lagi saya selesaikan di liburan yang mulai membosankan ini. Berjudul 5 cm karangan Donny Dhirgantoro, terbitan Mei 2005. Sudah teramat lama sekali bukan? Entah apa motivasi saya mereviewnya hahaha.

gambar : justasimplethoughts.wordpress

A book is about a collection of quotations. Itu kalimat yang terlintas setelah menyelesaikan separuh novel, dan terbukti di separuh sisanya. Selain quote, novel ini juga disirami lirik lagu romantis, gambaran adegan film memorable, dan dirangkai dengan susunan kata yang indah. Bagi yang ingin melihat beberapa quote bisa dibuka tumblr saya disini. Pemeran utama ada lima sekawan dengan keunikan dan kekonyolan masing-masing yang bernama Arial, Genta, Ian, Zafran, dan Riani.

Saya hanya memberinya nilai 3 dari skala 5. Nilai 2 saya berikan untuk separuh awal novel yang membosankan, dan nilai 4 untuk separuh terakhir yang sangat menarik. Kenapa ada bagian yang membosankan? Karena berisi dialog-dialog antar tokoh yang sebenarnya juga dihujani quote dan lirik lagu yang indah, namun entah kenapa seperti bukan novel seperti ini tipe bacaan saya. Sampai sini, ada dua orang teman yang saya tanyakan apa bagusnya buku ini, komentar mereka hanyalah teruslah membaca. OK, the show must go on.

Dan benar saja, separuh sisanya yang merupakan inti cerita mendadak membuat saya tidak ingin berhenti membaca. Bercerita tentang perjalanan mereka ke puncak Mahameru. Masih dengan quote, lirik lagu, dan gambaran adegan film, namun terasa lebih pas dipadu dengan kekaguman terhadap alam ciptaan Yang Maha Kuasa. Buku ini mengajarkan tentang semangat, cinta anak manusia, pilihan, setia kawan, keberanian untuk bertindak dan menerima kenyataan, cinta tanah air, serta berani bermimpi.

Yang menarik dari setiap novel adalah menebak maksud dari judul novelnya. Notes From Qatar adalah kumpulan tulisan blog yang ditulis Muhammad Assad setiap Jumat dari Qatar. Negeri 5 Menara adalah Alif dan 4 temannya yang melihat awan berbentuk 5 negara berbeda menurut penglihatan mereka. Laskar Pelangi adalah Ikal dan teman-teman yang senang duduk di pohon setelah hujan untuk mengagumi pelangi, sehingga Bu Mus menjuluki mereka seperti itu. Apa arti 5 cm? Seorang teman pernah menawarkan untuk memberi tahu namun saya tolak. Dan sekarang saya juga tidak ingin menulis artinya kecuali kalo ada yang memang tidak berniat membacanya hahaha.

Dalam lebih dari 6 tahun keberjalanannya, novel ini telah mengalami cetakan ke 15 dan telah tercetak sekitar 100.000 copy. Di Goodreads, 5 cm telah direview sebanyak 626 kali, dan dirating oleh 3428 pembaca, seharusnya menjadi novel yang terjamin aman untuk dibaca. Silakan klik disini untuk melihat.

OK sekian review nya, jaya terus novel Indonesia dan salam untuk pembaca disana. Ayo kawan budayakan membaca dan menulis, jangan malu untuk bermimpi, seperti kata novel ini,

yang kita perlu cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang lebih sering melihat ke atas, lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja,dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya, serta mulut yang akan selalu berdoa…