Ada beberapa pekerjaan favorit yang berhasil saya pilih. Ini bisa berasal dari TV, media sosial, atau bahkan kesalahan pengertian dari pekerjaan itu sendiri hahaha. OK, cekidot:

Psikolog

Bagi yang pernah stalker Tumblr saya (ngarep) pasti tau kalo saya tertarik dengan dunia psikologi. Sayang sekali matematika dan teknik sulit untuk ditinggalkan, yah paling gak masih bisa lah baca-baca buku psikologi populer.

Seorang psikolog dalam bayangan saya adalah seorang pendiam yang tidak perlu bicara banyak namun tahu banyak hal tentang lawan bicaranya. Mereka bekerja dengan imajinasi, karena psikologi adalah tempat dimana perdebatan menjadi tak berujung. Mereka menjadi kelompok garda depan yang membantah kesempurnaan, karena manusia memang dilahirkan dengan sedikit banyak sifat salah. Mereka berkarya dengan fokus humanisme, bukankah menyenangkan membicarakan tentang hidup dengan orang yang baru bertemu sejam lalu?

Arsitek

Saya masih tergolong amatir soal desain, namun apapun itu arsitek atau planologi terlihat menarik bagi saya haha.

Fokus mereka bisa dikaitkan dengan humanisme, terlebih planologi karena konsep arsitektur mereka lebih bersifat makro. Mereka bekerja untuk publik, dan nilai apresiasi mereka juga diberikan oleh publik. Saat menemukan ada hal yang salah di tempat umum lumayan gatel juga buat ngonsep, kenapa ada mall sepi padahal ada di jalan utama, kenapa musholla mall tempatnya selalu pengap, kenapa bisa Indomaret sebelahan sama Alfamart, kenapa Togamas Tamansari bisa tutup padahal lebih deket dari ITB dibandingkan yang di Diponegoro, dan kenapa kenapa yang lain.

Penulis

Banyak yang mengatakan betapa enaknya melakukan pekerjaan dari hobi yang disenangi, dan saya akan melakukannya jika menjadi penulis. Menulis adalah hobi menyenangkan yang baru dua tahun saya lakukan, awalnya di majalah himpunan dan berlanjut di blog. Menulis itu bekerja untuk diri sendiri, sehingga tidak penting apresiasi dari luar.

Menulis itu gampang-gampang susah, gampang karena ide terlintas banyak, susah karena waktu yang dibutuhkan untuk mengubah ide ke kumpulan kata itu tidak sedikit. Makanya banyak blog yang ‘pensiun muda’ padahal belum 10 post, ya itu karena si empunya merasa tidak ada waktu, hehe sorry ya kalo to the point.

Wartawan

Pernah ada yang menanyakan, “Menurut kamu kerjaan wartawan itu ngapain?”. Dan jawaban saya, “Orang yang kerjanya mencari berita, dengan cara apapun.”

Jawaban itu terinspirasi dari Russell Crowe di film State of Play, dimana si wartawan mendapat berita dengan cara sedikit ilegal, dan menyetir arah berita sesuai yang dikehendakinya. Menjadi wartawan pun membuka peluang untuk bertemu, mengenal, melayani, dan mendapat reaksi dari berbagai macam orang. Wartawan adalah pekerjaan humanisme.

Koki

Everybody loves to eat. Dan menyenangkan jika melayani kesukaan orang lain. Kalo di film, serunya jadi koki mungkin sama kayak No Reservations-nya Catherine Zeta-Jones hahaha.

Koki dalam pikiran saya adalah orang cerdas yang dituntut kreativitasnya untuk menyediakan yang terbaik saat dibatasi bahan makanan, waktu, kegemaran dan kebencian orang lain terhadap makanan tertentu, dan tidak ketinggalan nilai gizi. Sekali lagi, koki adalah pekerjaan humanisme.

Geophysics Engineer

Saya bisa diprotes temen-temen kalo ga nulis ini jadi pekerjaan favorit haha.

Pekerjaan kami adalah mencari data di lapangan, menelusuri hutan, melintasi rawa, tidak peduli panas terik, dan kadang nyawa kami tidak lebih tinggi dibandingkan alat-alat yang dibawa. Kaki tangan boleh lecet, asal jangan pada alat.

Pekerjaan dibagi menjadi 3 jenis, akusisi, pengolahan, dan interpretasi. Akuisisi berarti fisik, tidak peduli rawan dan beratnya jalur yang akan dilewati. Pengolahan data berarti berpikir, karena data geofisika diolah menggunakan software yang tidak mudah untuk dikuasai, dan pengolah data dinilai tidak menghargai si peng-akusisi jika data yang diolah tidak cukup baik untuk dibaca. Interpretasi berarti mental, karena interpretasi yang salah berarti tidak menghargai kerja keras dari 2 tahap sebelumnya. Interpreter menjadi pemegang suara terakhir tentang apa yang akan dilakukan.

Tidak ada celah menyenangkan di geophysics dan saya menuliskannya menjadi pekerjaan favorit hahaha.

So, apa pekerjaan favoritmu?