Pada 23 September 2011 kemarin adalah tepat setahun blog ini hidup di dunia maya. Kalo kata anak-anak himpunan, jika mau memberi penilaian maka harus kembali dilihat apa output yang ingin dihasilkan. Maka dari itu, mari kita baca kembali post pertama saya, berjudul ‘Why WordPress?’, yang berisikan tujuan saya membuat blog ini.

Dan ada 3 poin disana yang (secara tidak sadar) saya tuliskan sebagai tujuan membuat blog ini. Mari dievaluasi satu persatu..

Yang pertama, sebagai media tulisan yang lebih serius. Maksudnya disini adalah karena ternyata Tumblr tidak cocok untuk masalah ini. Sangat jarang Tumblr teman yang saya follow menyajikan tulisan serius, meskipun sebenarnya saya menemukan beberapa Tumblr orang lain yang tulisannya berbobot, tapi karena gak kenal ya gak difollow hehe. Dan makin kesini makin terlihat bentuknya, dashboard Tumblr saya isinya cuma foto dan reblogan quotes zzz. Materi Tumblr saya juga ikut berubah, kebanyakan quotes yang saya temukan di novel, dan materi lain yang terlalu ringan untuk dibawa di blog.

Yang kedua, blog ini bisa memberikan sesuatu untuk orang lain. Untuk ini sedikit subjektif, karena materi favorit bacaan setiap orang tidak seragam. Beberapa kawan pernah berkomentar secara langsung, dan alhamdulillah ada yang memberi reaksi positif. Silakan memberi penilaian soal ini, tapi itu tidak berarti saya akan langsung berganti arah, karena tidak mudah merubah style menulis hehe.

Yang terakhir, beberapa tulisan bagus di Tumblr akan saya tulis disini. Ini maksudnya tulisan serius yang sudah terlanjur ditulis di Tumblr akan saya tulis ulang di blog. Berhubung ada beberapa tulisan yang out of date, maka tidak bisa semuanya ditulis ulang. Alasan sebenarnya sih ya malas nyari tulisan lama aja hahaha.

Dari review stats, blog ini sudah dibuka 11000 kali di tahun pertama, cuma sepersepuluh blognya Notes From Qatar di rentang waktu yang sama haha. Di tulisan yang ke-123 ini, saya juga memasang target akan menulis minimal 8 post setiap bulannya, ini merupakan target terbanyak yang paling realistis menurut saya, semoga diberi kelancaran dalam mencari ide, amiinn🙂