April, Juli, dan sekarang Oktober 2011. Semakin dekat dengan ‘waktunya’ angkatan 2008. Saya tidak berani membayangkan bagaimana suasana wisuda Oktober tahun depan. Terlebih lagi setelah apa yang terjadi di malam syukwis Oktober ini..

TERRA 2007 adalah kakak terdekat bagi saya. Mereka yang mengajarkan tentang setia kawan, tentang bagaimana kekompakan satu angkatan yang semestinya, tentang makna berhimpun, dan BPH TERRA 2007 memberikan pengalaman yang luar biasa bagi saya setahun kemarin. Maka wajar jika saya merasa kehilangan saat satu per satu mereka mulai jarang main ke himpunan. Yang pertama saat mereka sudah harus fokus ke tugas akhir, dan yang kedua saat sebagian dari mereka sudah lulus dari ITB…

Bagaimana jika saya berpisah dengan teman-teman seangkatan? Apa yang akan saya lakukan pada malam setelah diwisuda? Mulai mengirim lamaran kerja atau masih sibuk dengan kenangan dan melampiaskannya dengan melihat foto-foto lama? Saya terlalu takut untuk membayangkan.

Akhir kata, selamat jalan dan semoga sukses kakak-kakakkku. Terima kasih atas bimbingannya setahun kemarin, sebuah kehormatan menjadi adik TERRA 2007.

Dan akhirnya, selamat menjawab pertanyaan,

“Lalu setelah ini apa?”