Alex : Kate, do you have read Persuation?

Kate : Yes, it’s about waiting…

Dialog di atas diucapkan oleh Keanu Reeves dan Sandra Bullock di film The Lake House. Film bercerita tentang mereka berdua yang terpaut waktu dua tahun, tahun 2004 bagi Alex dan 2006 bagi Kate, namun mereka bisa berkomunikasi melalui kotak surat sebuah rumah di pinggir danau. Kisah semakin menarik karena Alex berhasil menemui Kate di tahun 2004, dan perlahan dari sanalah mulai terkuak alasan kenapa mereka ditakdirkan untuk berkomunikasi seperti itu.

Kate : These two people, they meet. They almost fall in love. But the timing isn’t right. They have to part, and then, years later, they meet again. They get another chance.

Lalu saya berpikir tentang diri saya. Tentang apa yang sudah saya mulai, tentang apa yang saya tulis di agenda sebagai ‘3 target besar terdekat’. Memang belum sejauh itu, tidak selama itu, namun sudah berapa kali saya melakukan itu pada seseorang, mendatangi, lalu pergi, datang, lalu pergi lagi.

Saya tahu menunggu bukanlah pekerjaan menyenangkan, apalagi untuk ketidakpastian. Namun bagaimana kalau memang karena banyak hal di luar sana yang harus dipikirkan?

Kate : And then I thought, what if there is no one? What if you live your whole life and no one is waiting?

Setelah semua ini selesai, setelah secangkir teh di pagi hari bisa dinikmati seperti sebelumnya, nanti,

Halo Anda disana, masih bolehkah saya kembali berjuang?