Delapan partai pembukaan Piala Dunia. Hanya dua yang dimenangi juara bertahan atau tuan rumah. Afrika Selatan di 2010 ditahan imbang Meksiko. Prancis sebagai juara bertahan 1998 juga keok dari Senegal di Piala Dunia 2002. Keduanya akhirnya selesai di fase grup. Dua dari delapan partai itu salah satunya milik Jerman di 2006. Mereka berhasil membantai Kosta Rika di partai pembukaan dan akhirnya finish sebagai peringkat ketiga.

Piala Eropa tidak jauh berbeda. Sulit untuk dilupakan pembukaan 2004 saat Portugal dikalahkan Yunani, partai ulangan di final pun memberikan hasil yang sama. Sejak itu formasi dua gelandang bertahan ala Yunani menjadi populer, terjadi pergeseran paham sepakbola menjadi ‘penguasaan lini tengah’. Tuan rumah 2008, Swiss, lebih apes lagi. Dikalahkan Ceko di pembukaan dan akhirnya tidak lolos fase grup. Piala Eropa memang lebih berat ketimbang Piala Dunia, setidaknya itu penilaian Felipe Scolari, yang timnya dua kali dikalahkan Yunani di 2004. Bagaimana bisa Belanda-Jerman-Denmark-Portugal berada satu grup di Euro 2012?

Memulai selalu menjadi yang paling sulit, termasuk di sepakbola. Menjadi lebih sulit jika dikombinasikan dengan tambahan embel-embel lain, seperti tuan rumah. Faktor gabungan dari teknis, mental, dan ekspektasilah yang memperberat beban itu. Beban biasanya lebih ringan di pertandingan kedua, lebih ringan lagi kalau sudah lolos fase grup.

##

Dan rasa bangga, ucapan terimakasih, kepalan semangat saya berikan sebesar-besarnya untuk tim sepakbola TERRA Football Club atas kemenangan di partai kedua kemarin. Tim muda kami, karena hanya berisikan angkatan 2008 dan 2009, berhasil menjawab keraguan setelah hasil imbang di partai pembuka. Kemenangan susah payah itu, teriakan penuh emosi itu, satu gol itu, niscaya akan menjadi lebih ringan di (semoga ada) partai-partai selanjutnya. Sukses untuk TFC, sukses untuk pesawat besar bernama GFL 2012. Sekali lagi terimakasih atas kemenangannya🙂

Dari seorang pilot yang udah seminggu nerbangin pesawat, Insya Allah masih 4 minggu lagi pesawatnya mendarat