Bagi Anda yang sedang suntuk dengan rutinitas dan tanggung jawab, mungkin ada beberapa yang bisa saya anjurkan. Tidak perlu berlama-lama, berikut saya tuliskan opsi dari yang paling sederhananya.

Pertama, ubah cara Anda melakukannya. Misalnya, menyimpan ponsel tidak lagi di kantong kiri, membaca majalah dari halaman belakang, atau mencoba tidak memakai pembukaan e4 yang sudah terlanjur populer di catur itu. Opsi ini merupakan yang paling sederhana karena masih bisa dilakukan di tengah rutinitas. Omong-omong, ‘mengubah cara melakukan’ juga dianjurkan oleh Yoris Sebastian, si GM Hard Rock Café termuda se-Asia itu.

Kedua, lakukan hal lama yang sudah jarang dilakukan. Ingat rasanya secangkir teh hangat yang sering diseruput selepas subuh? Masih ingat nikmatnya makan malam bersama kawan-kawan lama? Atau mungkin Anda lupa kapan terakhir kali sleeping bag Anda digunakan? Lakukan hal menyenangkan lawas yang tidak dilakukan atas nama ‘tidak ada waktu’. Sepuluh menit untuk secangkir teh, dua jam untuk makan malam, dan semalam saat weekend untuk menginap di gunung, tanggung jawab Anda bisa menunggu semua itu.

Ketiga, lakukan hal baru. Jika dua hal di atas masih belum cukup, lakukanlah tahap ini. Mungkin list lagu di laptop tidak cukup hanya didengar, namun juga dinyanyikan. Mungkin film horror tidak terlalu buruk untuk menggantikan belasan film drama yang sudah pernah Anda tonton. Mungkin Anda harus mencoba bowling setelah tidak ada lagi lawan yang sepadan di meja pingpong. Dan masih ada seabreg lagi pilihan yang siap menggantikan apa yang sudah ratusan kali pernah Anda lakukan. Suasana baru, tantangan baru, dan akhirnya, semangat baru.

Keempat, pergilah ke tempat baru. Tempat baru bukan berarti harus jauh dari rumah. Restoran baru di ujung jalan bisa jadi tempat baru bagi Anda, meskipun sering dilewati saat pergi pulang kerja. Temukan swalayan, toko buku, warteg, ATM, atau cabang restoran favorit yang belum pernah dikunjungi. Masih sulit memulai? Baiklah, kalau Anda anak ITB, yakin sudah pernah masuk ke semua kamar mandi kampus? Sudah pernah makan di semua kantin? Sudah tahu dimana aja letak 29 himpunan di ITB?

Ujung-ujungnya sebenarnya tulisan ini adalah curhat dari penulis, selamat bagi yang sudah benar menebak hehe. Saya memang sudah berjanji akan melakukan banyak hal baru saat berniat pulang tempo hari. Berjalan kaki untuk membeli koran, makan burger di tempat yang belum pernah dikunjungi, kembali ke kantin sekolah untuk memastikan tidak banyak yang berubah disana, naik bis Trans Semarang, mencoba lost travel dengan angkot disana, pergi ke mal baru yang katanya paling besar walaupun menjadi biasa saja karena saya hidup di Bandung, banyak berjalan kaki, mencoba melek politik dalam tiga hari, dan yang terakhir, memasak berdua dengan ibu🙂

Selamat mencoba dan ingat untuk kembali ke tanggung jawab hehe