Sebagai pecinta sepakbola, agak aneh rasanya kalo ga nulis soal Piala Eropa 2012 yang bakal mulai empat hari lagi. Saya akan menulis prediksi sebuah grup, sejauh pengetahuan yang saya punya tentunya, ketebak lah ya grup mana yang paling menarik buat dibahas haha. Yap, edisi Piala Eropa kali ini gelar grup neraka jatuh ke grup B, berisikan Belanda, Jerman, Portugal, dan Denmark. Kalo masih nanya “Kenapa bisa jadi grup neraka?”, berarti Anda baru setahun tahu sepakbola, ya kayak pendukung Manchester City lah kasarannya🙂

OK, berikut akan saya ulas tiap timnya.

Belanda

Prestasi terakhir Belanda adalah runner-up Piala Dunia 2010. Sedangkan di Piala Eropa terakhir terhenti di perempat final oleh Rusia.

Belanda memiliki skuad lengkap. Kiper yang menjanjikan, bek berpengalaman, barisan gelandang bervisi baik, dua strikernya merupakan top skor di dua liga Eropa berbeda, sejarah permainan cantik, dan pelatih yang bisa diandalkan. Tidak ada alasan tidak menjagokan Belanda, kecuali karena mereka berada di grup ini. Tapi seharusnya mereka sudah tahu bagaimana cara lolos, pada Piala Eropa 2008 mereka juga berada di grup sulit, yang pada akhirnya mereka puncaki, bersama Italia, Prancis, dan Rumania.

Masalah yang tertinggal adalah bagaimana mengatur ego para pemain, karena kebanyakan dari mereka adalah tulang punggung utama di tim masing-masing. Tentu tidak menyenangkan hanya duduk di bangku cadangan saat biasanya berlari 90 menit di lapangan. Contohnya sudah terhampar tempo hari kemarin.

Jerman

Jerman merupakan runner-up Piala Eropa 2008 serta semifinalis Piala Dunia 2010, mereka terhenti di kaki tim yang sama, Spanyol, yang menjuarai dua turnamen tersebut.

Jerman memiliki start yang baik, tidak ada pemain yang cedera, tidak ada konflik dalam tim, dan memiliki skuad paling muda diantara 16 tim yang berkompetisi. Skuad Jerman juga tergolong lengkap, barisan pemainnya tidak asing bagi publik, sekaligus kualitasnya, dengan separuh jatah tim dihabiskan di sektor gelandang, yaitu sebanyak 12 pemain. Berbeda dengan Belanda, kebanyakan pemain Jerman berkompetisi di Bundesliga.

Jerman dikenal sebagai tim turnamen, sehingga kerap menuai hasil buruk di pertandingan persahabatan, seperti saat kalah 3-5 melawan Swiss. Buktinya seperti di turnamen 2006, 2008, dan 2010. Bagaimanapun juga, Jerman memiliki memori buruk saat berada satu grup dengan Belanda, dimana mereka terhenti di babak grup di Piala Eropa 2004.

Portugal

Portugal terhenti di perempat final Piala Eropa 2008 oleh Jerman, sedangkan di Piala Dunia 2010 sampai perdelapan final sebelum dikalahkan Spanyol.

Mantan pelatih Portugal asal Brazil, Luiz Felipe Scolari, pernah berujar kalau kompetisi tersulit di dunia bukanlah Piala Dunia, melainkan Piala Eropa. Grup ini memberi sedikit gambaran, bagaimana bisa 4 negara dengan peringkat 10 besar FIFA (Mei, 2012) berada dalam satu grup?

Bicara soal skuad, Portugal tergolong menjanjikan. Pemain mereka tersebar di liga top Eropa, dan tentu saja dengan simbol kapten mereka, mantan pemain terbaik dunia, Cristiano Ronaldo. Bahayanya, mulai dari kapten, pencetak gol, sampai eksekutor bola mati semua diemban oleh Ronaldo. Contoh buruknya sudah terlihat kemarin, saat dia gagal mencetak gol dari penalti di pertandingan persahabatan melawan Turki, langsung saja kekalahan Portugal itu dilemparkan ke pundak Ronaldo.

Prestasi terbaik Portugal adalah runner-up Piala Eropa 2004 saat mereka menjadi tuan rumah. Sebuah hal yang sedikit sulit dicapai untuk saat ini.

Denmark

Denmark terhenti di babak grup Piala Dunia 2010, serta mencapai perempat final di Piala Eropa 2004.

Melihat sejarah, sedikit tidak adil memberikan pot ke-4 untuk Denmark mengingat mereka pernah menjadi juara Piala Eropa 1992. Denmark juga berhasil menjadi juara grup di babak kualifikasi, memaksa Portugal di tempat kedua untuk bertarung di play-off. Namun, ya, karena ini Piala Eropa, mereka harus mengalah karena statistik di Piala Eropa sebelumnya. Prancis saja bisa terbuang di pot ke-4.

Skuad Denmark tidak sementereng tiga lawan lainnya, kebanyakan bermain di liga domestik, beberapa nama terkenal bermain di Liga Inggris. Mereka memiliki sejarah buruk dengan Belanda, dimana mereka dikalahkan di pertandingan pertama fase grup Piala Dunia terakhir. Menurut saya peluang Denmark sedikit berat untuk bertahan di grup ini.

Prediksi

Saya memprediksikan Belanda menjadi juara grup, dengan Jerman menempel di belakang. Tapi saya berharap Portugal bisa kuat bertahan sampai pada pertandingan terakhir. Kejutan juga saya harapkan dari Denmark, semoga mereka bisa menahan seri tim-tim lain sehingga mengacaukan prediksi.

Semoga saja memang ada kejutan dan prediksi saya salah. Ya karena, lagi-lagi, apalah artinya sepakbola kalau semuanya bisa ditebak dengan statistik.

Loh, kalo berharap prediksinya salah, kenapa masih bikin prediksi? Ya sudahlah.